Home ADVERTORIAL Budidaya Kolam Lele Terpal Solusi Ketahanan Pangan Desa Tanjung Eran

Budidaya Kolam Lele Terpal Solusi Ketahanan Pangan Desa Tanjung Eran

0
SHARE

Sindoupdate.com, Bengkulu Selatan – Sebagai implementasi dan realisasi program Ketahanan Pangan yang diprioritaskan Pemerintah Desa Tanjung Eran Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan dalam Dana Desa (DD) Tahun 2022 salah satunya diwujudkan dengan Pengembangan Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Terpal.

Bertempat di Kantor Desa Tanjung Eran, Kamis (30/06/2022) Perwakilan Warga Masyarakat yang menerima manfaat Ketahanan Pangan yang terbagi menjadi 16 Kelompok mengikuti Pelatihan Ketahanan Pangan Keluarga Budidaya Ikan Kolam Terpal.

Dibuka langsung oleh Kepala Desa (Kades) Tanjung Eran Rudi Hartono kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perikanan (Diskan) diwakili Sekretaris Diskan Surahman, Kabid Perikanan Budidaya Nopi Supriadi, Camat Pino Hendri Farizal, Bhabinkamtibmas Polsek Pino Redho Putra serta Babinsa Koramil 408-01/Pino.

Dijelaskan Kades Rudi Hartono Kegiatan Budidaya Kolam Terpal tersebut dibagi menjadi 16 kelompok masyarakat. Setiap kelompok memiliki 8-9 anggota dan satu kolam akan diberikan 2 Unit Kolam Terpal. Dengan harapan, semoga mampu dikelola dengan baik dan menghasilkan.

“Dengan adanya Program Ketahanan Pangan ini semoga pemberdayaan masyarakat benar-benar terealisasi, dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mencukupi kebutuhan masyarakat itu sendiri,” Ungkap Rudi Hartono.

Camat Pino Hendri Farizal mengungkapkan harapannya dalam kesempatan tersebut. Pihaknya berharap semoga kegiatan ini bisa menjadi langkah awal menjadikan Kecamatan Pino sebagai salah satu daerah swasembada Ikan Lele.

“Semoga dengan adanya ketahanan pangan ikan lele ini, kita bisa sama terkenalnya dengan Kecamatan Seginim. Kalau Seginim terkenal dengan ikan nila, mudah-mudahan kita bisa terkenal dengan ikan lele,” Harap Hendri.

Selain itu Sekretaris Diskan Surahman pun demikian, dirinya juga mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Pihak Pemdes Tanjung Eran.

“Kedepan semua kelompok ini bisa menjadi satu kelompok, dan nanti di urus badan hukum nya, sehingga budidaya ikan lele ini dapat terus berlanjut dan dapat di usahakan mendapat bantuan dari Dinas Perikanan,” Papar Surahman.

Di Diskan ada tim pendamping penyuluh perikanan, nanti agar semua anggota kelompok dapat berkoordinasi dengan anggota tim yang ditunjuk untuk Wilayah Kecamatan Pino, sehingga dapat membimbing kegiatan usaha kolam ikan lele ini sampai berhasil, pungkasnya. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here