Home ADVERTORIAL AKBP Juda Tampubolon Pimpin Gelar Pasukan Ops Lilin Nala 2022

AKBP Juda Tampubolon Pimpin Gelar Pasukan Ops Lilin Nala 2022

0
SHARE
BENGKULU SELATAN – Kapolres Bengkulu Selatan (BS) AKBP Juda Trisno Tampubolon memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Nala 2022 Polres BS yang dilaksanakan di lapangan upacara Mapolres BS, Kamis (22/12/2022).
Bertindak selaku Komandan Upacara Ipda Ikmal Yusuf. Pelaksanaan gelar tersebut diikuti oleh personel Kodim 0408 BSK, personel Kompi Senapan C Jaya Yudha, personel Sat Samapta Polres BS, Gabungan Staf Polres BS, Personel Sat Lantas BS, Personel Sat Sat Reskrim dan Sat Intel Polres BS, Personel Satpol PP, Angota DLLAJ BS, dan Barisan Anak Pramuka Saka Bhayangkara binaan Polres BS.
Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati BS yang di wakili oleh Wakil Bupati BS, Dandim 0408 BSK, Kajari BS, Ketua PN Manna, Para Kadis Pemda BS dan Tokoh Masyarakat BS.

Kapolres BS dalam sambutannya membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.
Lanjut Kapolres, pada pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular.
Melihat hal tersebut, lakukan penguatan Prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.
Selanjutnya pada sisi keamanan, terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau, serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.
Jadikan pengaturan rekayasa lalu lintas pada Idul Fitri 2022 sebagai acuan. Penerapan contra flow dan one way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel, menyesuaikan dengan situasi di lapangan dan mengacu data volume kendaraan dari traffic counting PT. Jasa Marga.
Selain itu, lakukan sosialisasi secara masif sebelum rekayasa lalu lintas sehingga masyarakat terinformasi dengan baik. Selain jalur tol maupun arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan pada pelabuhan penyeberangan.
Terakhir, sebelum menutup amanat saya ingin mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita, sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.
Kapolres mengungkapkan dalam pelaksanaannya, pihaknya melibatkan sebanyak 300 orang yang terdiri dari personil Polri sebanyak 117 orang, TNI 45 orang, Satpol PP 35 orang, personel DLLAJ, Pramuka, Tagana, Basarnas, Banser, Dinkes, Orari dan BPBD yang seluruhannya berjumlah 300 orang.
“Polres Bengkulu Selatan dalam operasi ini membuat 3 Pos, yaitu Pos Pelayanan di depan Kantor DPRD Bengkulu Selatan dan 2 Pos Pengamanan di Jalan Letnan Tukiran dan lokasi Pantai Pasar Bawah,“ terang Kapolres. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here