Home KESEHATAN Banyak Hipertensi, 127 CJH Cek Kesehatan

Banyak Hipertensi, 127 CJH Cek Kesehatan

0
SHARE

BENGKULU SELATAN – Menjelang pemberangkatan para Calon Jemaah Haji (CJH) di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) pada Mei 2023 mendatang.

Dinas Kesehatan (Dinkes) BS melakukan pemeriksaan kesehatan tahap I bagi 127 CJH 1444 Hijriah (H) tahun 2023.

Kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinkes BS bersama Tim Kesehatan Jiwa (Keswa) Puskesmas Pasar Manna.

Kadis Kesehatan BS Didi Ruslan, S.KM, M.Si melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Budi Syaputra, M.Kes mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada para CJH tersebut meliputi, pemeriksaan riwayat kesehatan yaitu riwayat penyakit dahulu, keluarga dan riwayat penyakit sekarang.

Kemudian pemeriksaan fisik meliput pemeriksaan tanda vital, tekanan darah, nadi dan nafas. Selanjutnya, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan lingkar panggul.

“CJH juga dilakukan pemeriksaan laboratorium yakni pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, glukosa urine dan protein urine. Setelah itu, CJH dilakukan pemeriksaan kesehatan wawancara,” beber Didi, Selasa (14/03/2023).

Kabid menjelaskan, dari hasil pemeriksaan terhadap para CJH tersebut, rerata riwayat penyakit yang dialami yakni penyakit hipertensi atau darah tinggi. Selebihnya menderita kolesterol tinggi, asam urat dan diabetes mellitus (DM).

Kabid menegaskan, untuk jumlah kuota CJH yang diperiksa masih data perkiraan/estimasi yang didapat dari Kemenag BS. Pemeriksaan CJH ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nomor : 15 Tahun 2016 tentang Isititha’ah Kesehatan Jemaah Haji.

“Benar, selain dinyatakan sehatsehat beberapa diantaranya Calon Jemaah yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi. Selebihnya, menderita kolesterol tinggi, asam urat dan diabetes mellitus (DM),” demikian Kabid. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here