Home DAERAH Marak Kenakalan Remaja, Kasat Binmas : Peran Orang Tua Dalam Menangkal Kejahatan...

Marak Kenakalan Remaja, Kasat Binmas : Peran Orang Tua Dalam Menangkal Kejahatan Jalanan

0
SHARE
Kasat Binmas Iptu Kusyadi, S.H. M.Si Saat Pelaksanaan Serah Terima Jabatan, Rabu (10/05/2023).

BENGKULU SELATAN – Kasat Binmas Polres Bengkulu Selatan (BS) mengajak kepada para orang tua anak untuk bisa berperan aktif dalam upaya menangkal kenakalan remaja ataupun kejahatan jalanan. Karena berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, para pelaku kejahatan jalanan masih usia sekolah atau remaja.

Hal itu dikemukakannya saat Kasat Binmas BS Iptu Kusyadi ditemui usai pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) di Aula Graha Wicaksana Laghawa Polres BS, Rabu (10/05/2023) ketika ditanya perihal marakknya aksi kejahatan yang pelakunya para remaja.

Iptu Kusyadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Seginim Polres BS, dipercaya menjabat Kasat Binmas Polres BS menggantikan AKP Syafik yang tidak lama lagi memasuki masa purna bhakti.

Dijelaskan Kusyadi, kedepan dirinya berencana akan membuat sebuah inovasi dalam rangka meningkatkan peran serta orang tua mengatasi kenakalan remaja. Dirinya menyampaikan bahwa peranan orang tua dan keluarga sangat vital untuk bisa membimbing anak-anaknya.

“Alhamdulillah atas kepercayaan Pimpinan memberikan amanah kepada saya sebagai Kasat Binmas Polres BS. Kedepan, kita rencananya melalui para Bhabinkamtibmas akan gencar melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi dalam rangka mengatasi kenakalan remaja dan aksi kriminalitas yang pelakunya para remaja,” beber Kusyadi.

Menurutnya kepedulian orang tua, pengawasan dan figur orang tua harus bisa menjadi tauladan yang baik bagi anak-anaknya.

“Awasi anak-anak kita, periksa HPnya dan kontrol pergaulannya,” imbuh Kusyadi.

Ia juga berharap peran dari orang tua dalam menangkal anak-anaknya dari pengaruh kenakalan remaja atau hal-hal yang melanggar hukum, seperti kejahatan jalanan.

“Jangan sampai anak-anak kita jadi korban ataupun pelaku kejahatan jalanan,” pesannya.

Disebutkan oleh Kasat Binmas bahwa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi fenomena kejahatan jalanan, diantaranya melalui ruang pendidikan keluarga. Yakni orang tua harus memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak remajanya.

Kemudian orang tua harus mengetahui kegiatan anak remaja di luar rumah. Dengan mengetahui kegiatan di luar rumah orang tua bisa melakukan kontrol secara berkala terhadap anak remajanya.

Selain itu, orang tua juga perlu memiliki komunikasi yang baik dengan pihak sekolah, serta memberikan tugas dan tanggung jawab kepada remaja dengan kegiatan yang bermanfaat. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here