Home DAERAH Agar Seluruh Wilayah BS Terjangkau PDAM, Direktur : Pemkab Harus Kucurkan Dana...

Agar Seluruh Wilayah BS Terjangkau PDAM, Direktur : Pemkab Harus Kucurkan Dana Rp 2M Lebih

0
SHARE
Direktur PDAM Tirta Manna Iwan Kurwantoro/ist

BENGKULU SELATAN – Dampak dari musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), berakibat dengan seluruh masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk itu, masyarakat mulai memutar otak dan melakukan seribu akal agar bisa mendapatkan air bersih.

Sementara, air bersih yang bersumber dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna belum semua wilayah BS terjangkau.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PDAM Tirta Manna Iwan Kurwantoro, SH mengungkapkan, bahwasanya memang jaringan distribusi air di PDAM saat masih sangat terbatas.

Masih banyak wilayah di BS yang belum dapat dijangkau. Hal itu, tidak lain lantaran terkendala karena belum tersedia pipa jaringan. Bukan hanya itu, kekuatan mesin pendorong yang dimiliki PDAM juga masih belum cukup untuk menyalurkan air bersih ke seluruh wilayah.

“Ya, memang distribusi air masih terbatas. Masih banyak tempat tinggal masyarakat yang belum bisa dijangkau. Hal itu terkendala jaringan pipa yang belum merata dan juga peralatan mesin belum mendukung,” ungkap Iwan, Jum’at (20/10/2023).

Ditambahkan Iwan, pihaknya terus berupaya untuk mengembangkan jaringan PDAM. Bahkan, Kabupaten BS telah mendapat angin segar dari Kementerian PUPR RI yang siap mengucurkan anggaran sebesar Rp 50 Miliar untuk pembangunan Perusahaan Air Minum (PAM).

Namun, agar dana tersebut bisa dikucurkan oleh pusat, Pemkab BS juga harus menyediakan beberapa persyaratan.

“Anggaran dari pusat sudah siap untuk pembangunan pusat PAM di daerah kita ini. Tapi, supaya dana itu bisa direalisasikan, Pemkab Bengkulu Selatan perlu menyiapkan DID sebesar Rp 2,7 Miliar. Kalau Pemkab menyetujui anggaran DID, tentu anggaran dari pemerintah pusat untuk pembangunan PAM akan diberikan ke Bengkulu Selatan,” tuturnya.

Masih kata Iwan, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut ke Pemkab BS melalui Dinas PUPR. Bahkan pihak PDAM Tirta Manna dan Dinas PUPR sudah melakukan study banding ke daerah yang PAM-nya sudah bagus. Hal itu tentu akan dijadikan motivasi untuk pengembangan PAM di Bumi Sekundang Setungguan ini.

“Kalau anggaran dari pemerintah pusat sudah didapat, maka pusat PAM akan dibangun di wilayah Pintu Langit (Desa Tebat Kubu Kecamatan Kota Manna). Sehingga, semua wilayah di daerah kita ini bisa teraliri air PAM,” pungkas Iwan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here