Home HUKUM & KRIMINAL Cegah Karhutlah, Bhabinkamtibmas Polsek Kedurang Jemput Bola Himbau Warga

Cegah Karhutlah, Bhabinkamtibmas Polsek Kedurang Jemput Bola Himbau Warga

0
SHARE
Kapolsek Kedurang Ipda Erik Fahreza, SH

BENGKULU SELATAN – Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) merupakan masalah serius. Dampak terjadinya karhutlah dapat menimbulkan kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan, dan kerugian ekonomi yang signifikan.

Dalam upaya untuk mencegah dan mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan, Kepolisian Resor Bengkulu Selatan (BS) sampai ketingkat Bhabinkamtibmas gencar melakukan patroli aktif di seluruh wilayah Hukum Polres BS. Tak terkecuali Bhabinkamtibmas Polsek Kedurang, Polres BS.

Briptu Apri Setiawan, Bhabinkamtibmas Polsek Kedurang dengan proaktif menyambangi dan memberikan himbauan kepada warga masyarakat di Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang Ilir, BS, Kamis (26/10/2023).

Dengan berpatroli, Bhabinkamtibmas berkeliling untuk memantau dan mencari tanda-tanda kebakaran potensial. Mereka juga berusaha mendeteksi dini apabila ada kegiatan pembakaran hutan atau lahan yang melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan kamtibmas, menjelaskan kepada warga agar tidak membakar hutan ataupun ladang juga lahan sembarangan.

Apabila melihat kebakaran segera melaporkan ke Kepolisian atau aparat desa setempat. Jangan membuang puntung rokok atau puntung Kayu Bakar di sembarang tempat apalagi pada Ilalang kering, ladang dan lahan ataupun tengah hutan, tidak meninggalkan api pembakaran bekas tebasan atau sabitan rumput Ilalang di dalam hutan dan lahan dan menghindari membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan terlebih dahulu.

Kepada awak media, Kapolres BS AKBP Florentus Situngkir melalui Kapolsek Kedurang Ipda Erik Fahreza mengatakan dengan kolaborasi yang kuat antara Bhabinkamtibmas, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan kesadaran masyarakat di wilayah Hukum Polsek Kedurang, Polres BS akan bahaya Karhutla semakin meningkat.

Menurutnya, dengan kegiatan yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus, dipastikan dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta mendorong masyarakat untuk melaporkan aktivitas yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

“Upaya ini merupakan langkah konkret dalam menjaga lingkungan dan keamanan wilayah serta meminimalisir dampak buruk Karhutla di wilayah Polsek Kedurang,” tegas Kapolsek Ipda Erik Fahreza. (C15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here