Home DAERAH SPBU Di Bengkulu Selatan Dipastikan Aman Dan Bebas Bahan Campuran

SPBU Di Bengkulu Selatan Dipastikan Aman Dan Bebas Bahan Campuran

0
SHARE
Tim Menunjukkan Hasil Uji Dan Pengecekan Di SPBU Codo 23.385.35 Ibul

BENGKULU SELATAN – Mengantisipasi terjadinya penyimpangan dan praktik kecurangan yang terjadi di SPBU, diantaranya adanya BBM bercampur air atau minyak lainnya.

Menyikapi informasi tersebut, Rabu (03/04/2024) Tim yang terdiri dari Disprindagkop & UM Bengkulu Selatan bersama Personil Polres Bengkulu Selatan melaksanakan Kegiatan Monitoring, Pengawasan dan Pengecekan Uji Tera SPBU di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kabid Perdagangan Dinas Prindagkop & UM Aris Munandar, S.IP, Unit Metrologi Legal Afriza Jumahadi ST. M.M, Kasubag Tata Usaha UPT Metrologi Jhemmian, S.E, Kanit II (Ekonomi) Sat Intelkam Polres Bengkulu Selatan AIPTU Ngadiyo serta Anggota Unit Tipidter Polres Bengkulu Selatan.

Dijelaskan Aris, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk memastikan ketepatan takaran guna melindungi masyarakat dari praktik kecurangan SPBU menjelang lebaran Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

“Kegiatan uji tera dilakukan dengan menggunakan bejana ukuran dan dilakukan langsung Dinas Perdagangan didampingi oleh manager, pengawas SPBU dan Personil Kepolisian, sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan dalam pelaksanaan uji tera tersebut,” beber Aris.

Setelah dilakukan pengecekan di 3 (tiga) titik SPBU yang ada di Bengkulu Selatan, tidak ditemukan adanya kecurangan, diantaranya BBM dicampur dengan air, untuk BBM dipastikan kadar BBM murni. Selanjutnya telah dilakukan pengukuran liter dengan Tera atau alat takaran, untuk hasilnya masih dalam dispensasi pemerintah, lanjut Aris.

Terpisah, Manejer SPBU Codo 23.385.35 Ibul dan SPBU 24.385.09 Tanjung Raman, Radius Prawiro menjelaskan, selain uji tera, dilakukan juga pengecekan kualitas BBM secara visual dan uji Density, tujuannya untuk memastikan serta menjamin kuantintas dan kualitas BBM terbaik di SPBU sesuai dengan ketentuan (On-Spec secara takaran dan properties BBM) hingga tersalurkan kepada konsumen akhir.

“Dari hasil pengecekan, kita pastikan BBM di SPBU Ibul dan SPBU Tanjung Raman murni, tidak ada bahan campuran Air atau minyak lainnya,” tegas Radius. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here