Home DAERAH Oknum Pegawai Inspektorat Terima Uang Pelicin, Ketua LSM Topan RI Bergeming

Oknum Pegawai Inspektorat Terima Uang Pelicin, Ketua LSM Topan RI Bergeming

0
SHARE
Ketua LSM Topan RI Oni Lupti (Kaos Putih, Kiri) Saat Koordinasi dengan Kanit Tipidkor Ipda M. Bintang Azhar (Kanan)

Sindoupdate.com, Bengkulu Selatan – Beredarnya pemberitaan di beberapa media online perihal adanya Oknum Pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) yang menerima uang sebagai pelicin saat melaksanakan audit investigasi anggaran desa di Kecamatan Kedurang BS membuat Ketua LSM Topan RI Oni Lufti bergeming.

Sebagai tindak lanjut dari pemberitaan tersebut, Oni Lupti bersama perwakilan awak media yang tergabung dalam Sekber Media Online (SMO), HPK Group dan media lainnya mendatangi Unit Tipidkor Polres BS. Kedatangannya kali ini dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait pemberitaan tersebut.

“Kedatangan kita ini dalam rangka koordinasi terkait pemberitaan di beberapa media atas informasi adanya dugaan oknum pegawai Inspektorat yang menerima uang dari mantan Kepala Desa saat melaksanakan audit investigasi keuangan desa,” Ungkap Oni.

Lanjut Oni, pihaknya sangat mengharapkan tindak lanjut dan kejelasan dari dugaan suap atau gratifikasi yang dilakukan oleh oknum pegawai Inspektorat tersebut dari pihak Kepolisian sebagai Aparat Penegak Hukum (APH).

“Kita sudah koordinasi dan bertemu langsung dengan Kanit Tipidkor, dari koordinasi tadi kita masih menunggu petunjuk apakah nantinya perlu dilakukan laporan secara resmi atau akan dilaksanakan penyelidikan langsung oleh pihak Polres,” Terang Oni.

Terpisah Kapolres BS AKBP Juda Trisno Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kanit Tipidkor Ipda M. Bintang AzharAzhar menjelaskan menyambut baik kedatangan Ketua LSM Topan RI bersama sejumlah awak media, pihaknya akan mendalami laporan yang diterima.

“Akan kita dalami dan pelajari terlebih dahulu, nanti saya akan meminta petunjuk kepada pimpinan apakah nantinya perlu adanya laporan resmi berupa dumas (pengaduan masyarakat, red) atau akan kami laksanakan penyelidikan langsung terkait informasi yang kita terima,” Tegas Bintang.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya Ketua LSM Topan RI Oni Lupti pernah membuat laporan resmi terkait perjalanan dinas di masa PPKM yang dilakukan oleh sejumlah Oknum Kepala Desa di Kecamatan Kedurang ke Unit Tipidkor Polres BS. Sebagai tindak lanjut dari laporan tersebut, pelaksanakan Audit Investigasi kerugian Negara dilakukan oleh pihak Inspektorat BS. Saat pelaksanaan audit investigasi inilah diduga sebagai uang pelicin, oknum Pegawai Inspektorat yang berinisial NY menerima sejumlah Uang.

“Kepala Inspektorat ibu Diah Winarsih sendiri sudah membenarkan adanya oknum pegawai Inspektorat yang menerima sejumlah uang tersebut, bahkan ibu Diah sudah memerintahkan oknum pegawai tersebut untuk mengembalikannya. Hal ini bisa menjadi dasar APH untuk melakukan penyelidikan, dan kita akan mengawal terus kasus ini sampai selesai,” Pungkas Oni. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here