Home ADVERTORIAL Kalau Banjir Tenggelamkan Desa Durian Seginim, Ini Penyebabnya

Kalau Banjir Tenggelamkan Desa Durian Seginim, Ini Penyebabnya

0
SHARE

Sindoupdate.com, Bengkulu Selatan – Tersumbatnya aliran air hujan yang mengalir dari kawasan persawahan hulu desa tertahan pada dua gorong-gorong pembelah ruas jalan provinsi diduga jadi penyebab genangan air yang menenggelamkan pekarangan rumah warga.

Genangan air tersebut terjadi hampir setiap terjadi hujan deras. Terkni, ketinggian permukaan banjir hampir mencapai satu meter terjadi bulan lalu, mengakibatkan sampah-sampah rumah tangga berserakan di jalan raya.

“Kondisinya sudah bertahun-tahun begini, jadi beban tersendiri bagi kami. Jalan raya pun makin cepat dirusak genangan air,” ungkap Kepala Desa, Mirzan Paruzi saat dikonfirmasi awak media, Selasa (31/05/22).

Dijelaskan Kades, Pemerintah Desa (Pemdes) Durian Seginim sudah berulang kali mengerahkan warga setempat kerja bakti membersihkan saluran gorong-gorong. Bahkan sudah pula membuat saluran drainase menggunakan dana desa.

Dia menilai, diameter kedua titik gorong-gorong terlalu kecil, tidak mampu cepat menyalurkan tumpahan air hujan dari hulu, sehingga air sempat menggenangi kawasan permukiman dan meluber ke jalan raya sebelum lolos ke hilir.

“Saya pikir, itu sudah perlu diganti dengan plate deuker. Butuh perhatian serius pemerintah daerah, khususnya Pemprov dalam hal ini sebagai pemilik Jalan yang dilalui aliran air, karena dana desa tentu takkan sanggup,” jelasnya.

Kades menambahkan, atas inisiatif bersama, Pemdes baru-baru ini juga sudah membuat jaringan drainase baru menuju gorong-gorong tersebut. Tapi tetap saja kurang efektif, karena memang gorong-gorong yang dibangun pada era 1980-an itulah yang perlu diperbesar kapasitasnya.

“Semoga dalam waktu dekat bisa direspon pemerintah. Kami sedang coba bangun komunikasi dengan instansi berkompeten, menyampaikan persoalan teknis ini,” pungkasnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here