Home DAERAH Proyek Fantastis, Cara Kerja Miris, Dinas PUPR Kemana???

Proyek Fantastis, Cara Kerja Miris, Dinas PUPR Kemana???

0
SHARE

BENGKULU SELATAN – Pada tahun 2023 ini Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) memiliki 5 (lima) Paket Proyek Pembangunan Jalan Hotmix yang nominalnya cukup fantastis. Diketahui kelima paket tersebut menelan biaya Rp. 20,27 Miliar bersumber dari dana APBD Murni.

Namun, sungguh miris. Dari pantauan awak media di lapangan, proses pengerjaan proyek terkesan asal -asalan dan kurang maksimal.

Kepada awak media, Tomi (48) warga Kelurahan Pasar Mulia, Kecamatan Pasar Manna ikut mengungkapkan kekecewaannya. Dirinya mengungkapan, jika memang pengerjaan proyek hotmix ini terkesan asal-asalan. Menurutnya, ini kelihatan dari proses pengejaran proyek tersebut. Salah satunya yakni bekas galian aspal yang rusak tidak dibersihkan. Malah justru, bekas galian tersebut dimasukkan ke lubang yang bakal di aspal untuk kemudian langsung ditimbun dengan batu koral.

“Kami masyarakat sebenarnya tidak tahu menahu soal mekanisme pembangunan jalan ini. Yang jelas, kami lihat dari proses pengerjaan jalan ini memang terkesan asal-asalan. Masa, bekas galian, terus tanah lumpur yang ada di lubang galian jalan tidak dibersihkan lagi,” sesal Tomi.

Tidak sampai disitu, proses pengerjaan proyek tersebut menjadi sorotan pihak DPRD BS. Dinas terkait yang secara teknis bersentuhan langsung dengan proyek tersebut yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) BS diduga kurang melakukan pengawasan terhadap pembangunan tersebut.

Terpisah, Waka Komisi III DPRD BS Ikhsarudin, SH, mengungkapkan, jika baru-baru ini ada informasi dari masyarakat jika dalam pengerjaan lima paket proyek pembangunan jalan hotmix di Kabupaten BS ini kurang maksimal. Hal ini merupakan bukti jika pihak terkait kurangnya melakukan pengawasan terhadap bangunan tersebut. Sehingga, dalam pengerjaannya jadi tidak maksimal.

“Kurang pengawasan oleh OPD terkait. Untuk itu, kami minta agar Dinas PUPR untuk lebih memaksimalkan lagi pengawasan terhadap proyek jalan hotmix ini,” tegas Ikhsarudin yang akrab disapa Aang kepada awak media, Senin (12/06/2023).

Lanjut Aang, apalagi saat ini proyek tersebut sedang berjalan. Sehingga, untuk meningkatkan mutu bangunan, Dinas PUPR selaku OPD teknis jangan menyepelekan fungsi pengawasan. Apalagi, melihat kejadian tahun-tahun sebelumnya, mutu pembangunan infrastruktur seperti jalan ini tidak ada yang bertahan lama.

“Fungsi pengawasan itu sangat berdampak dengan hasil pembangunan nantinya. Untuk kita minta agar proyek ini benar-benar diawasi,” pungkasnya.

Sekedar informasi, kelima paket proyek pembangunan jalan hotmix yang menggunakan dana APBD murni Kabupaten BS tahun 2023 diantaranya, Jalan Pemangku Basri Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Pasar Manna Rp 4,15 M, Jalan Simpang SDN 05 BS – Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna Rp 5,78 M. Kemudian, Jalan Kapten Bukhari Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna Rp 4,86 M, Jalan Bingkil – Desa Ketaping Kecamatan Manna Rp 4,13 M dan Jalan Desa Muara Pulutan – Desa Tanjung Agung Kecamatan Seginim Rp 1,35 M. Total keseluruhan proyek tersebut yakni sebesar Rp 20,27 M. (945)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here